PENGARUH METODE PETA KONSEP (Menggunakan Macromedia Flash) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Main Authors: Isnaini, Muhammad, Syarifah, Syarifah, Apriyansah, Apriyansah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Palembang , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/962
http://jurnal.um-palembang.ac.id/dikbio/article/view/962/859
Daftar Isi:
  • Faktor utama yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah metode pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa MTs Patra Mandiri Plaju Kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah The pretest-posttest non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan untuk penelitian 2 kelas, pengambilan sampel ini dengan teknik cluster sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kognitif dengan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash pada materi Gejala Biotik dan Abiotik di MTs Patra Mandiri Plaju. Hasil ini juga menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, peningkatan hasil belajar kognitif ini dapat dilihat dari rata-rata gain score Kelas Eksperimen sebesar 2,73, lebih besar dari rata-rata gain score Kelas Kontrol, yaitu 2,34. Students’ learning outcomes were still relatively low at Celluler Biology Subject because the implementation process of learning was centered on lecturer and stundents found it difficult to understand the subject material. This study aimed to determine the application of learning journal as a tool in the effort to increase students understanding of Celluler Biology concept. The study was conducted at 53 second semester stundents (26 students for class 2A and 27 students for class 2B) of Biology Education Program Study of PGRI Teachers' Training College, Madiun. The study was conducted during three meetings for KD 1-3 (Kompetensi Dasar=Basic Competence) of Celluler Biology Subject. The collected data were the implemented STAD data, the learning journal data and the concept understanding data. The concept understanding data were obtained by giving the quiz questions at the end of learning. The study result showed that the learning with implementation of learning journal increased from first meeting at 13.32 became 13.42 at meeting II and III, and there was the increase of quiz value from each KD on both medium and low categories.