Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII.3 SMP Negeri 3 Mallusetasi Kabupaten Barru

Main Author: Rahmawida, Rahmawida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.stainparepare.ac.id/1320/1/14.1100.116.pdf
http://repository.stainparepare.ac.id/1320/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar pada proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat menghasilkan hasil belajar yang berbeda. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII.3 di SMP Negeri 3 Mallusetasi Kabupaten Barru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Pelaksanaan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran pendidikan agama Islam ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII.3 SMP Negeri 3 Mallusetasi Kabupaten Barru. Hal ini dilihat dari aspek aktivitas belajar peserta didik pada pra siklus sampai siklus terakhir. Adapun nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik yaitu: pra siklus nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik yaitu 58,10%, siklus 1 nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik yaitu 73,42%, siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik yaitu 83,03% dan siklus III nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik yaitu sebesar 87,92%. Selain ditinjau dari aspek aktivitas belajar peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar juga ditinjau dari hasil tes pemahaman belajar peserta didik. Pada siklus I nilai rata-ratanya yaitu 61,91%, siklus II nilai rata-ratanya 82,26% dan Siklus III nilai rata-ratanya 87,43%. Jadi, berdasarkan hasil aktivitas belajar peserta didik dan hasil tes pemahaman belajar peserta didik yang dari siklus ke siklus mengalami peningkatan hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.