HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR

Main Authors: Hartati Ningsih, Sri; Universitas Medan Area, Sulistyaningsih, Wiwik; Universitas Sumatera Utara, Hardjo, Suryani; Universitas Medan Area
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Medan Area , 2017
Subjects:
Online Access: http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/829
http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/829/801
Daftar Isi:
  • Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dan dukungan orangtua dengan prestasi belajar. Populasi penelitian adalah siswa/i SMP Negeri V Stabat. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yang kemudian menjaring 62 orang siswa kelas VIII SMP Negeri V Stabat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisa dokumentasi berupa nilai rapor, tes SPM untuk memperoleh data tentang kecerdasan, skala kebiasaan belajar, dan skala dukungan orangtua. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisa regresi berganda. Analisa data menunjukkan hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan dukungan orangtua dengan prestasi belajar. Total sumbangan efektif dari variabel kebiasaan belajar dan dukungan orangtua terhadap prestasi belajar adalah sebesar 66,4%.