HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEBIASAAN BELAJAR

Main Authors: Lubis, Zulkarnain; Universitas Medan Area, Malau, Feranika; Universitas Medan Area
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Medan Area , 2017
Subjects:
Online Access: http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/747
http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/747/666
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan iklim sekolah dan motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah 175 orang siswa/i SMA Methodist I kelas IX dan X tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah dan motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar (Freg = 4,709 dimana p ˂ 0,050). Selain itu, diketahui pula bahwa iklim sekolah dan motivasi berprestasi yang dimiliki siswa Methodist 1 Medan ini dapat membantu terjadinya peningkatan kebiasaan belajar ke arah yang lebih baik. Hal ini diketahui dengan melihat kontribusi iklim sekolah dan motivasi berprestasi memberikan sumbangan sebesar 40,3 % terhadap kebiasaan belajar. Dari hasil ini juga diketahui bahwa masih ada 59,7 % faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kebiasaan belajar pada siswa di SMA Methodist 1 Medan.