“MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA SABILUL ULUM MAYONG LOR MAYONG JEPARA”
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses pelaksanaan manajemen kelas pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara (2) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam proses pelaksanaan manajemen kelas pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis field research dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer, meliputi wawancara dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, siswa kelas XI IPA dan observasi lokasi penelitian dan kegiatan belajar mengajar di kelas XI IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan manajemen kelas pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara sudah dikatakan baik, mengingat kelas yang menjadi fokus termasuk kelas favorit. Manajemen kelas yang dilaksanakan mampu membuat proses pembelajaran terara dan terkonsep dengan rapi, di samping itu manajemen kelas juga menjadikan pembelajaran lebih berkualitas serta mampu meningkatkan keprofesionalan seorang guru, karena dituntut supaya mampu mengefektifkan suatu pembelajaran. Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan manajemen kelas pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara, faktor yang mendukung diantaranya ruangan tempat belajar, pengaturan suhu, vetilasi dan penerangan, pengaturan penyimpanan barang-barang, siswa dan guru. Sedangkan faktor yang menghambat diantaranya pengaturan tempat duduk dan kondisi organisasional (faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa).