ANALISIS PENERAPAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK TINGKAH LAKU YANG BAIK BAGI ANAK JALANAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL AMAL JIKEN BLORA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken, Blora. 2) Penerapan materi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk tingkah laku yang baik bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken, Blora. 3) Faktor yang menjadi penghambat atau pendukung dalam penerapan materi pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken, Blora. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu, Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora mengenai penerapan materi pendidikan agama Islam kemudian observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki objek penelitian yakni Pondok "Miftahul Amal" Jiken Blora, sumber data diperoleh dari ketua, guru, pengasuh dan para santri. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan Suasana proses pembelajaran dan penerapan pendidikan agama Islam untuk membentuk tingkah laku yang baik bagi anak jalanan. Hasil penelitian ini sebagai berikut, Pertama: Persepsi pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora, Persepsi Pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora sangatlah penting dan membentuk tingkah laku yang baik (akhlak). bahwa pendidikan agama Islam memperoleh posisi yang sangat tinggi, karena melalui pendidikan orang dapat memperoleh ilmu, dan dengan ilmu agama orang dapat mengenal Tuhanya. Kedua: Penerapan materi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk tingkah laku yang baik bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora, yaitu : 1) Akhlak pada Allah SWT. 2) Akhlak pada Rasulullah. 3) Akhlak pada sesama. 4) Akhlak pada lingkungan. Ketiga: Faktor yang menjadi penghambat atau pendukung dalam penerapan materi pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora, faktor-faktor pendukung meliputi : 1) Pondok pesantren miftahul amal, 2) Guru, 3) Teman, dan 4) Sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu: 1) Pengaruh dari din sendiri, 2) Pengaruh teman sebaya, 3) Perilaku pembiaran masyarakat dan 4) Kesibukan orang tua.