PENGARUH POLA BELAJAR STIMULUS RESPONSE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU WAHID HASYIM SALAFIYAH JEKULO KUDUS TAHUN 2014/ 2015
Daftar Isi:
- Pendidik dituntut untuk menciptakan suatu pembelajaran yang menarik minat siswa untuk bisa mengembangkan bakat mereka. Pembelajaran yang kurang tepat akan membuat peserta didik jenuh yang akhirnya tidak bisa mengembangkan bakat dan minat mereka. Untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif perlu adanya pendekatan yang sesuai untuk diaplikasikan dalam sebuah kelas tertentu. Salah satunya adalah dengan menggunakan pola belajar Stimulus Respone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pola belajar stimulus response learning terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun 2014/ 2015. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis field research, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket), Observasi (pengamatan), dan dokumentasi, dengan mengambil lokasi di MA NU Wahid hasyim salafiyah Jekulo Kudus. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistika. Dalam penelitian ini diketahui bahwa : hubungan pola belajar stimulus respone termasuk kategori yang cukup baik dan kemampuan psikomotorik siswa nmenunjukkan kategori yang cukup baik juga. data ini termasuk normal berdasarkan uji normalitas data yang menunjukkan angka 0,377. Berdasarkan uji hipotesis dapat kita ketahui bahwa Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (166,457 > 7,08), maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima atau penerapan pola belajar stimulus response learning benar-benar mempengaruhi kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Nilai hasil koefisiensi determinasi diperoleh nilai sebesar 72,9% terhadap kemampuan Psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih siswa MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun 2014/ 2015