Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Fatah Bintoro Demak. Penelitian ini bermaksud melihat secara nyata perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Fatah Bintoro Demak. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran Value Clarification Technique untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Fatah Bintoro Demak tahun pelajaran 2015/2016?; 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode pembelajaran Value Clarification Technique untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Fatah Bintoro Demak tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, proses pembelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Fatah Bintoro Demak menggunakan metode Value Clarification Technique dengan pendekatan Inqury nilai, untuk penanaman nilai pada diri siswa, dengan cara tidak memaksakan nilai-nilai tertentu, tetapi membebaskan pada siswa untuk memilih dan menemukan nilai-nilainya sendiri. Metode pembelajaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada diri siswa. Kedua, proses pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Fatah Bintoro Demak menggunakan metode Value Clarification Technique terdapat faktor yang mendorong yaitu tingkat intelegensi peserta didik yang baik, adanya kreativitas peserta didik, dan fasilitas pembelajaran yang mendukung, sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu adanya kurang perhatian dari pihak keluarga siswa, tetapi semua hal itu dapat diatasi guru dengan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Adapun saran yang dapat penulis ajukan kepada pihak madrasah, yaitu MI Sultan Fatah Bintoro Demak, agar lebih meningkatkan perhatian dan bimbingan kepada siswa terutama pada penanaman nilai pada diri siswa agar para siswa mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang sangat berguna bagi kehidupan mereka.