NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MIZAJ AT- TASNIM WA AFWAJ AN-NASIM FI HIKAMI LUQMAN AL-HAKIM KARYA IMAM ALI BIN HASAN BIN ABDULLAH AL-ATHTHAS
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (libraryy resech) dengan mengambil objek kitab Mizaj At-Tasnim Wa Afwaj an-Nasim Fi Hikami Luqman al-Hakim karya Imam Ali bin Hasan bin Abdullah al-Aththas. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Mizaj at-Tasnim wa Afwaj an-Nasim fi Hikami Luqman al-Hakim serta relevansi nilai- nilai pendidikan akhlak tersebut dengan pendidikan akhlak di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan secara konten analisis (analisis conten) dengan tujuan menelaah dan memahami sumber utama dan sumber pendukung terkait lain untuk dianalisa. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan pendapat Miles dan Huberman dengan beberapa metode analisis data, yaitu: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclution crawing atau verivication. Hasil penelitian adalah: 1) nilai-nilai pendidikan terhadap Allah SWT yang meliputi: tidak menyekutukan Allah SWT, beriman dan bertaqwa, zuhud, bertaubat, qona`ah, amar ma`ruf dan nahi mungkar, dan qiyamul lail (bertahajud), 2) nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri meliputi: mengerjakan amal sholeh, berpikir sebelum bertindak, dapat dipercaya, mencari ilmu, adab dalam belajar, sabar, optimis, menjaga lisan, adab ketika makan, dan adab berjalan, 3) nilai pendidikan akhlak terhadap keluarga meliputi : menerima didikan orang tua dan menjalin silaturrahim, 4) nilai pendidikan akhlak terhadap sesama masyarakat meliputi: mengucapkan salam, bermusyawarah, mengirim utusan, tidak bergantung pada orang lain, adab bertetangga, berusaha tidak berhutang, tidak mencela, bermurah hati, dan adab bergaul. Dari keempat aspek tersebut diharapan dapat merubah tatanan kehidupan masyarakat terutama peserta didik di Indonesia menjadi lebih berakhlak apabila dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.