تأثير طريقة SMS (الطالب يرشد الطالب) في تعليم اللغة العربية على ترقية مهارة الكلام في الفصل التاسع بمدرسة نهضة المسلمين الاسلامية العالية التابعية لجمعية نهضة العلماء انداأن قدس سنة دراسية 2016/ 2017 م
Daftar Isi:
- tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui tingkat penerapan metode pembelajaran SMS (siswa membimbing siswa) keterampilan berbicara Bahasa Arab dan Pengaruh metode SMS (siswa membimbing siswa) dalam pembelajaran bahasa arab Terhadap peningkatan keterampilan berbicara di kelas IX. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dengan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan tehnik angket, observasi dan dokumentasi. Dan metode analisisnya yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas data dan uji linieritas data, sedangkan metode analisis datanya adalah metode uji hipotesis melalui analisis persiapan dan analisis distribusi frekuensi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengaruh metode SMS (siswa membimbing siswa) dalam kemahiran berbicara. dan penggunaan metode SMS (siswa membimbing siswa) dikelas IX A dapat dikatakan tergolong cukup baik, karena hasil yang dicapai mencapai nilai rata-rata 44,475 karena termasuk dalam interval (43 - 47), sedangkan peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab adalah tergolong cukup baik juga karena hasil yang dicapai mencapai nilai rata-rata 41,1 termasuk dalam interval (41-45). Kemudian hasil r hitung sebesar 0,47081144 dibandingkan dengan r table pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai r table 0,312, maka diketahui nilai r hitung lebih besar daripada nilai r table untuk kesalahan 5% (0, 47081144>0,312) Sedangkan prosentase pengaruh metode SMS (siswa membimbing siswa) terhadap keterampilan berbicara Bahasa Arab menunjukkan cukup baik, dengan prosentase 22,1653% dari 100%. Maka hasilnya adalah ada pengaruh dalam penggunaan metode SMS (siswa membimbing siswa) terhadap keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa kelas IX A di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus.