Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh positif strategi prediction guide terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Nurul Ilmi. 2) Pengaruh positif strategi giving question and getting answers terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Nurul Ilmi. 3) Pengaruh positif strategi prediction guide dan giving question and getting answers secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs. Nurul Ilmi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan penelitian ini bersifat korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah siswa MTs Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara. Peneliti mengambil sampel dari populasi yang berjumlah 380 siswa, dan penulis meneliti 49 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 25 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi prediction guide secara positif berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi. Hal ini bisa dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,366. Adapun nilai koefisien determinasi didapatkan nilai sebesar 13,4%. 2) Strategi giving question and getting answers secara positif berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi. Hal ini bisa dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,208. Adapun niai koefisien determinasi didapatkan nilai sebesar 4,3%. 3) Strategi prediction guide dan giving question and getting answers secara positif berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Nurul Ilmi. Nilai koefisien korelasi bergandanya 0,367. Hasil pengujian F yang menghasilkan besaran nilai Fhitung sebesar 3,577. Adapun nilai koefisien determinasi didapatkan nilai sebesar 13,5%.