Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih materi ibadah haji dengan model pembelajaran modeling dan faktor pendukung dan penghambat serta solusi dari pelaksanaan model pembelajaran modeling. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi partisipasi pasif (passive participant), wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan model uji kredibilitas meningkatkan ketekunan dalam penelitian, uji transferability, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data, yaitu reduksi data, display dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, Waka Kurikulum, Kepala TU, guru fiqih serta peserta didik kelas VIII MTs Sabilul Huda Cangkring Karanganyar Demak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan psikomotorik siswa dengan menggunakan model pembelajaran modeling pada mata pelajaran fiqih materi ibadah haji baik di dalam kelas maupun diluar kelas, siswa mampu menirukan pemodelan yang diberikan oleh guru fiqih. Dan terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran modeling untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa diantaranya adalah faktor guru, siswa, sarana prasana dan lain-lain. Serta terdapat solusi dalam faktor peghambat dalam pelaksanaan model pembelajaran modeling untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pembelajaran bagi para pemegang kebijakan maupun para guru mata pelajaran fiqih untuk lebih menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Kata Kunci : Model Pembelajaran Modeling, Kemampuan Psikomotorik, Pembelajaran Fiqih