ctrlnum 542
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/</relation><title>HUBUNGAN ANTARA METODE INQUIRY DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>Uliyana, Dzawil</creator><subject>Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><subject>Siswa, Peserta Didik</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode inquiry dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Qur&#x2019;an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis field research, dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angket yang disebarkan pada responden sebanyak 159 peserta didik. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu menggunakan analisis statistik meliputi analisis pendahuluan, uji hipotetis dan analisis lanjut. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs NU Ibtidaul Falah yakni pada ruang kelas VII. &#xD; Adapun hasil penelitian ini adalah penerapan metode inquiry pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits adalah tergolong &#x201C;baik&#x201D; dengan memiliki rata-rata 59,25 yang termasuk dalam interval (58-66), artinya metode inquiry pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016 artinya metode inquiry rata-rata memiliki hubungan yang baik sehingga mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016 adalah tergolong &#x201C;cukup baik&#x201D; dengan memiliki rata-rata 53,90 yang termasuk dalam interval (48-56). Artinya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah tahun pelajaran 2015/2016 dilatarbelakangi oleh adanya metode inquiry. &#xD; Dari hasil uji hipotetis, terbukti bahwa rxy =7,81 dimana (ro &gt; rt ) ro lebih besar dari rt. Pada taraf kesalahan 1% (rt =0,210 sedangkan ro =0,781 ) maupun 5% (rt =0,159 sedangkan ro =0,781) maka keduanya signifikan. Dan pada uji t 15.669&gt;1.645 artinya t hitung lebih besar dari pada t tabel , maka Ha diterima atau Ho ditolak. Jadi, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode inquiry dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Qur&#x2019;an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016.&#xD; Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 60,9961% atau 61%. Hal ini berarti pengaruh adalah sebesar 61% sedang sisanya 100% - 61% = 39% merupakan variabel lain yang belum diteliti peneliti</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/4/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/5/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/6/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/7/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/8/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/542/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Uliyana, Dzawil (2016) HUBUNGAN ANTARA METODE INQUIRY DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, STAIN Kudus. </identifier><recordID>542</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Uliyana, Dzawil
title HUBUNGAN ANTARA METODE INQUIRY DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2016
topic Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
Siswa
Peserta Didik
url http://eprints.stainkudus.ac.id/542/1/1.%20COVER.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/542/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/542/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/542/4/4.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/542/5/5.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/542/6/6.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/542/7/7.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/542/8/8.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/542/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/542/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode inquiry dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis field research, dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan angket yang disebarkan pada responden sebanyak 159 peserta didik. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu menggunakan analisis statistik meliputi analisis pendahuluan, uji hipotetis dan analisis lanjut. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs NU Ibtidaul Falah yakni pada ruang kelas VII. Adapun hasil penelitian ini adalah penerapan metode inquiry pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah tergolong “baik” dengan memiliki rata-rata 59,25 yang termasuk dalam interval (58-66), artinya metode inquiry pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016 artinya metode inquiry rata-rata memiliki hubungan yang baik sehingga mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016 adalah tergolong “cukup baik” dengan memiliki rata-rata 53,90 yang termasuk dalam interval (48-56). Artinya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah tahun pelajaran 2015/2016 dilatarbelakangi oleh adanya metode inquiry. Dari hasil uji hipotetis, terbukti bahwa rxy =7,81 dimana (ro > rt ) ro lebih besar dari rt. Pada taraf kesalahan 1% (rt =0,210 sedangkan ro =0,781 ) maupun 5% (rt =0,159 sedangkan ro =0,781) maka keduanya signifikan. Dan pada uji t 15.669>1.645 artinya t hitung lebih besar dari pada t tabel , maka Ha diterima atau Ho ditolak. Jadi, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode inquiry dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 60,9961% atau 61%. Hal ini berarti pengaruh adalah sebesar 61% sedang sisanya 100% - 61% = 39% merupakan variabel lain yang belum diteliti peneliti
id IOS4368.542
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2017-07-15T02:36:20Z
last_indexed 2017-07-15T02:48:19Z
recordtype dc
_version_ 1686121739741822976
score 17.538404