IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAKULKARIMAH PESERTA DIDIK DI KELAS VIII DI MTS MATHOLI’UL FALAH KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK
Daftar Isi:
- ImplementasiBimbinganKeagamaanDalamMembentukAkhlakulkarimahPesertaDidikdi lingkungansekolah, merupakansuatubentukusaha yang nyataatauperandaripelaksanabimbingankeagamaan di sekolahyaitukoordinator BK memilikitugasuntukmengkoordinasikanpada guru pembimbinglainnyameliputiwakakesiswaan,walikelasataupunpesertadidik. Bertujuanuntukmemperhatikanataumemantauakhlakparapesertadidik di sekolah.Agar parapesertadidikdapatdibinadandiarahkanuntukmembentukakhlak yang mulia.Bentukkerjasamaantar guru pembimbingtersebutdilakukansesuaitugasdankewajibannyamasing-masing.Selanjutnyapermasalahantersebutdibahasmelaluistudilapangan yang kemudian data dianalisisdenganpendekatananalisisdeskriptifmenggunakanlogikainduksi. Dari hasilpenelitian yang telahdilakukanpeneliti di MTs Matholi’ulFalahJaliDemak, denganmenggunakantekhnikpengumpulan data sepertiobservasi, wawancaradandokumentasi yang kemudiantelahdilakukananalisis data.Sehinggadapatdiketahuibahwaskripsiinimenunjukan (1) kondisiakhlakpesertadidikm yang lebihditujukankelas VIII dalam proses penyesuaiandirinya. Sepertipemberianlayananorientasi, informasibelajar, bimbingankeagamaan, bimbingankelompokdanbimbingankarir. (2) ImplementasiBimbinganKeagamaandalammembentukakhlakpesertadidikdilakukandenganmelaluikerjasamadenganwalikelas, wakakesiswaan, dankoordinator BK. Dengancarakoordinator BK berkoordinasipadasemuapihakdalammengetahuiparapesertadidik yang seringmelanggar, untukditindaklanjutisecaralangsungolehkoordinator BK dengancaramenerapkankonselingindividuatausanksisesuaiacuandalam SKK (syaratkecakapankeagamaan) daripihak madrasah. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhibimbingankeagamaandalammembentukakhlakulkarimahpesertadidik MTs Maztholi’ulFalahJaliDemakialahfaktor internal danfaktoreksternal Kata Kunci:BimbinganKeagamaan, Akhlakulkarimah, Pesertadidik