PENGARUH METODE STUDI KASUS DAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU MAZRO’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan(1)untuk mengetahui metode studi kasus, strategi active knowledge sharing dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak(2)untuk mengetahui pengaruh metode studi kasus terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak (3)untuk mengetahui pengaruh strategi active knowledge sharing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak (4)untuk mengetahui pengaruh metode studi kasus dan strategi active knowledge sharing secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan tes tertulis. Hal ini dimaksudkan untuk menghimpun data serta menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas XII, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 78. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa1)Pelaksanaan metode studi kasus, strategi active knowledge sharing dalam kategori baik yaitu sebesar 47,94& 47,78 dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih dalam kategori baik sebesar 48,11. 2)Terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan & positif antara penerapan metode studi kasus dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan menggunakan model Ŷ = 2,854+0,944 X1.3)Terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan & positif antara penggunaan strategi active knowledge sharing dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan menggunanakan model Ŷ = 2,913+ 0,946X2. 4)Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode studi kasus dan strategi active knowledge sharing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan menggunakan model Ŷ = 0,066 + 0,574 X1 + 0,429 X2, serta secara simultan terdapat hubungan yang positif & signifikan dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih