STUDI KORELASI JURISPRUDENTIAL INQUIRY MODEL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS N 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui jurisprudential inquiry model pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs. N 2 Kudus (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs. N 2 Kudus (3) untuk mengetahui hubungan jurisprudential inquiry model dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs. N 2 Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah tetapi didahului semacam intervensi (campur tangan dari pihak peneliti). Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs. N 2 Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas VII yaitu sebesar 260. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling, dikatakan simple karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% yaitu sebesar 149. Dalam analisis ini penulis menggunkan analisis korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan jurisprudential inquiry model pada mata pelajaran akidah akhlak dalam kategori baik yaitu sebesar 68. 2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak dalam kategori baik yaitu sebesar 47. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara jurisprudential inquiry model dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,438 mempunyai hubungan yang positif dan cukup signifikan antara jurisprudential inquiry model dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak. Jadi penerapan jurisprudential inquiry model memberikan kontribusi sebesar 19,1% terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs. N 2 Kudus.