PENGARUH KEDISIPLINAN KELUARGA DAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI NU ISLAMIYYAH JETISKAPUAN JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh kedisiplinan keluarga dan tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data-data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Penelitian kuantitatif ialah penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metoda statistika. Populasi mencakup seluruh siswa di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus dengan jumlah populasi sebanyak 164 siswa. Adapun untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut yaitu 48 sampel, yang dirasakan sudah cukup untuk mewakili populasi. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai interval. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan Keluarga di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus yaitu tergolong “cukup”, karena memiliki nilai rata-rata 81 yang masuk dalam interval 77-84. (2) Tata Tertib Sekolah di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus yaitu tergolong “cukup”, karena memiliki nilai rata-rata 80 yang masuk dalam interval 76-83. (3) Prestasi Belajar Peserta Didik di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus yaitu tergolong “cukup”, karena memiliki nilai rata-rata 79 yang masuk dalam interval 73-79. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan keluarga dan tata tertib sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI NU Islamiyyah Jetiskapuan Jati Kudus, diketahui hasilnya dengan berkonsultasi pada F tabel dengan db = m sebesar 2 lawan N-m-1 sebesar 48-2-1= 45, ternyata harga F tabel 5% = 3,20. Jadi 91,106 > 3,20 berarti signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan hasil koefisien diterminasi ( secara simultan memberikan konstribusi sebesar 82,2%.