Kewibawaan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs SAROJA NU Undaan Kidul Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2018-2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bentuk kewibawaan guru pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs SAROJA NU Undaan Kidul . 2). Motivasi belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs SAROJA NU Undaan Kidul. 3). Peran kewibawaan guru pada motivasi belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs SAROJA NU Undaan Kidul Karanganyar Demak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi di MTs SAROJA NU Undaan Kidul mengenai kewibawaan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs SAROJA NU Undaan Kidul Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2018-2019. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Bentuk Kewibawaan guru pada mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTs SAROJA NU Undaan Kidul yaitu diantaranya : berpenampilan yang menarik, berkompeten, disiplin, mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, berperilaku terpuji (Berakhlakul Karimah). 2). Motivasi belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs SAROJA NU Undaan Kidul dapat dilihat dari: perilaku peserta didik, peserta didik antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran fiqih, memperhatikan penjelasan guru dengan sungguh-sungguh, aktif mencatat dan bertanya pada pada hal penting dan belum diketahui, rajin mengerjakan tugas yang diberikan.3). Peran kewibawaan guru dalam menigkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di MTs SAROJA NU Undaan Kidul Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2018-2019. Berdasarkan hasil dari penelitian diatas, maka peneliti simpulkan bahwa peran kewibawaan guru peran kewibawaan guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fiqih berupa semangat belajar peserta didik, keaktifan peserta didik, prestasi belajar peserta didik sehingga dapat mengamalkan ilmu yang telah diterimanya dalam kehidupan seharihari.