Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah studi implementasi, yang mencoba menerapkan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam surat Al-Hujurat ayat 1-10 yaitu religius, sopan santun, tabayyun, dan cinta damai pada siswa-siswi di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yang memiliki misi utama yaitu menyiapkan kader bangsa yang berilmu, terampil, dan berakhlakul karimah dengan berlandaskan akidah ahlussunah waljama’ah, tentunya sangat mengedepankan pembinaan karakter terhadap anak didiknya, terutama karakter yang islami. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field search atau penelitian lapangan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada kepala madrasah, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru PAI, satpam, dan siswa-siswi. Analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai karakter menurut QS Al-Hujurat ayat 1-10 yakni religius, sopan santun, tabayyun, dan cinta damai pada siswa MTs NU Miftahul Falah Kudus pembentukannya melalui beberapa metode seperti pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, nasehat, hukuman, dan lain-lain. 2) Adapun keberhasilan implementasi nilai-nilai karakter menurut QS. Al-Hujurat ayat 1-10 pada siswa ditandai dengan siswa memiliki keempat karakter yang ada di dalamnya, yaitu religius, sopan santun, tabayyun, dan cinta damai. Keberhasilan dari pendidikan dan pembinaan nilai-nilai karakter bisa dilihat dari sebagian besar siswa-siswi di MTs NU Miftahul Falah telah menunjukkan perilaku yang sesuai indikator-indikator keempat karakter tersebut.