Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi-Experimental Design yang bertujuan untuk mengetahui (1) Keterlaksanan model pembelajaran Index Card Match. (2) Keaktifan belajar peserta didik. (3) Pengaruh model Index Card Match terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas IX di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas IX yang berjumlah 144 pesertadidik, kemudian diambil sampel sebesar 72, dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penulis menggunakan analisis hipotesis yaitu perhitungan nilai t hitungdibandingkan dengan t tabel. Hal ini hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Index Card Match terlaksana dengan baik dalam pembelajaran fiqih. (2) Keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas IX di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak untuk kelas Eksperimen termasuk dalam kategori baik dan kelas kontrol termasuk dalam kategori cukup. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Index Card Match terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas IX D di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak, dengan hasil thitung yaitu 5,827 yang dibandingkan dengan ttabel2,000 dan taraf kesalahan 5%. Hal ini berlaku ketentuan bahwa thitung lebih besar dengan ttabel (5,827 > 2,000). Maka, dapat disimpulkan bahwa ‘ada’ pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Index Card Match terhadap keaktifan belajar peserta didik.