Profesionalitas Pendidik Pada Pendidikan Tahfizh Di Pondok Tahfizh Yanbu‟ul Qur‟an Kajeksan Kudus
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1). Profesionalitas Pendidik Tahfizh Di Pondok Pesantren Yanbu‟ul Qur‟an Remaja Kajeksan Kudus. (2). Standar Keberhasilan Profesionalitas Pendidik tahfizh Di Pondok Pesantren Yanbu‟ul Qur‟an Remaja Kajeksan Kudus. Jenis peneletian ini adalah lapangan (fied research) dengan pendekatan deskreptif yaitu penelitian dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif dilapangan tanpa ada anipulasi. Adapun tehnik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tehnik observasi yang man mengamati dan mencatat data secara langsung di lapangan dengan wawancara untuk mendapatkan informasi dengan cara tanya jawab secara langsung kepada narasumber (kepada ketua pelaksana pondok, ustazh dan santri ), dekomentasi, catatan peristiwa yang sudah berlalu melalui gambar, wawancara ustazh dan sanrti wisuda. Analisis profesionalitas adalah ahli. Terlihat profesionalitas pendidik atau Guru yang profesional merupakan faktor penentu proses pembelajaran sekaligus pendidikan yang berkualitas. Untuk dapat menjadi guru profesional, mereka harus mampu menemukan jati diri dan mengaktualisasikan diri sesuai dengan kemampuan dan kaidah-kaidah guru yang profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Profesionalitas Pendidik Tahfizh Di Pondok Tahfizh Yanbu‟ul Qur‟an Remaja Kajeksan Kudus adalah sudah bermusyafahah dengan ahli Qur‟an yang di mulai surat Al-fatihah sampai surat An-nas. (2). Standar Keberhasilan Profesionalitas Pendidik tahfizh ALQur‟an sudah khatam dan bisa membaca bil goib yang di mulai surat Alfatihah sampai surat An-nas dan diyatakan lulus.