Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi penerapan media pembelajaran komik dalam meningkatkan prestasi matematika, mengetahui perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan media komik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana penelitian eksperimen yaitu penelitian yang dapat mengji secara benar hipotesis menyangkut hubungan kausal (sebab akibat). Data yang akan diteliti dengan kuantitatif dalam penelitian ini aalah data tentang media pembelajaran komik dan prestasi siswa melalui hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas V. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas V A sebanyak 26 siswa dan kelas V B sebanyak 25 siswa. Jadi jumlah keseluruhan sebanyak 51 siswa, kemudian diambil seluruh sampel sebesar 51 siswa dengan menggunakan analisis statistik yaitu dengan mengadakan perhitungan nilai angka tentang penerapan media komik dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas V MI NU Imaduddin hadiwarno Kudus dengan menggunakan rumus Independent Samples T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanakaan dari penerapan media pembelajaran komik pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dalam kategori baik dengan rata-rata nilai matematika kelas eksperimen yang menggunakan media komik adalah 92,12. 2) peningkatan prestasi matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dari hasil posttest di setiap kelas, kelas eksperimen memperoleh hasil prestasi posttest sebesar 92,12 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil prestasi nilai posttest kelas kontrol yaitu sebesar 70,60. 3) terdapat perbedaan setelah diuji dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, dapat dinyatakan bahwa kedua kelas memiliki perestasi yang berbeda terlihat dari hasil belajar, karena pada kelas kontrol diketahui bahwa t hitung < t tabel yaitu 0,946 < 2,000 dan Sig.(p) > a (0.05) yaitu 0,349 > 0,05 sedangkan pada kelas eksperimen Sig.(p) < a (0,05) yaitu 0,000 < 0,05 dengan df = 49 dan taraf signifikan 5%. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran komik terbukti dapat meningkatkan prestasi peserta didik kelas V pada mata pelajaran matematika.