Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara, 2) Pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara. Hasil menunjukkan 1) Gaya belajar kinestetik mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 46,106 + 0,361X. Rhitung sebesar 0,453 tergolong “sedang”), dari hasil koefisien determinasi diketahui bahwa gaya belajar kinestetik pengaruh sebesar 20,6 % terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hasil uji F dari perhitungan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel ( > 4,00). Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Adanya pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Mayong Jepara”. 2) Gaya belajar kinestetik mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hal ini berdasarkan pada persamaan regresi Ŷ = 6,317 + 1,147 X , Rhitung sebesar 0,666 tergolong “kuat” hasil uji F dari perhitungan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel ( > 4,00), dan dari hasil koefisien determinasi diketahui bahwa gaya belajar kinestetik memiliki pengaruh sebesar 44,3 % terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara. Sedangkan sisanya 55,7% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Adanya pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Mayong Jepara