Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Peningkatan Daya Pikir Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Sultan Agung Golan Tepus Mejobo Kudus Skripsi. Kudus. Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Kudus 2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh metode hypnoteaching dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Sultan Agung Golan Tepus Mejobo Kudus (2) mengetahui peningkatan daya pikir siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Sultan Agung Golan Tepus Mejobo Kudus (3) mengetahui signifikansi dari pengaruh metode hypnoteaching terhadap peningkatan daya pikir siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Sultan Agung Golan Tepus Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah tetapi didahului semacam intervensi (campur tangan dari pihak peneliti). Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs NU Sultan Agung Golan Tepus Mejobo Kudus yakni pada pada ruang lingkup kelas VII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas VII yaitu sebesar 80. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling, dikatakan simple karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersbut. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% yaitu sebesar 65. Dalam analisis ini penulis menggunakan korelasi sederhana dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan metode hypnoteaching pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam kategori baik yaitu sebesar 77. 2) peningkatan daya pikir siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam kategori cukup sebesar 49. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode hypnoteaching terhadap peningkatan daya pikir siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan persamaan regresi Ŷ = 47,066 + 0,056 X Sedangkan hubungan antara keduanya adalah positif dan signifikan sebesar 0,34 Jadi, penerapan metode hypnoteaching memberikan kontribusi sebesar 11,7% terhadap peningkatan daya pikir siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs NU Sulan Agung Golan Tepus Mejobo Kudus