“Implementasi Pembelajaran Ke-Nuan (ASWAJA) sebagai Pendidikan Karakter di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus”,Skripsi Jurusan Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus, tahun 2019
ctrlnum |
3238 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/</relation><title>“Implementasi
Pembelajaran Ke-Nuan (ASWAJA) sebagai Pendidikan Karakter
di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu
Kudus”,Skripsi Jurusan Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam,
Institut Agama Islam Negeri Kudus, tahun 2019</title><creator>Waldani, Michroza</creator><subject>Pendidikan</subject><description>Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah: (1)
Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Ke-NUan
(ASWAJA) sebagai pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul
Ulum. (2) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran Ke-NUan
(ASWAJA) sebagai pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul
Ulum. (3) Untuk mengetahui dampak pembelajaran Ke-NUan
(ASWAJA) sebagai pendidikan karakter MTs NU Mafatihul Ulum.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif.
Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan
teknik nonprobality sampling. Penentuannya menggunakan
purposive sampling, jumlah informan penelitian ini sebanyak enam
informan, yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka
Kesiswaan, Guru Mapel Ke-NUan, Siswa, Wali Murid.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan
pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter
siswa MTs NU Mafatihul Ulum, sebelum proses pembelajaran
guru merancancang strategi, membuat RPP, membuat silabus. (2)
implementasi pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai
pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul Ulum,
implementasinya meliputi: membaca asmaul husna pada jam
pertama, berdo’a bersama sebelum belajar, sholat dhuha
berjama’ah, sholat dzuhur berjama’ah. (3) Dampak pembelajaran
Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter MTs NU
Mafatihul Ulum, dampaknya siswa memiliki karakter tawasuth,
tawazun, tasamuh, ta’dil, dalam amaliyah ibadah tahlil, istighasah,
membaca maulid alberjanzi, ziarah kubur, tawasul, tabarukan.
Pada bidang ibadah qunut subuh, dzikir bersama setelah sholat
berjama’ah, sholat tarawih 20 rakaat</description><date>2019-10-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/8/1.%20BAGIAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/7/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/6/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/5/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/4/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/3/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/2/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/10/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/3238/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Waldani, Michroza (2019) “Implementasi Pembelajaran Ke-Nuan (ASWAJA) sebagai Pendidikan Karakter di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus”,Skripsi Jurusan Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus, tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. </identifier><recordID>3238</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Waldani, Michroza |
title |
“Implementasi
Pembelajaran Ke-Nuan (ASWAJA) sebagai Pendidikan Karakter
di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu
Kudus”,Skripsi Jurusan Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam,
Institut Agama Islam Negeri Kudus, tahun 2019 |
publishDate |
2019 |
topic |
Pendidikan |
url |
http://repository.iainkudus.ac.id/3238/8/1.%20BAGIAN%20DEPAN.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/3238/7/2.%20ABSTRAK.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/3238/6/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/3238/5/4.%20BAB%20I.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/3238/4/5.%20BAB%20II.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/3238/3/6.%20BAB%20III.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/3238/2/7.%20BAB%20IV.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/3238/10/8.%20BAB%20V.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/3238/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/3238/ |
contents |
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah: (1)
Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Ke-NUan
(ASWAJA) sebagai pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul
Ulum. (2) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran Ke-NUan
(ASWAJA) sebagai pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul
Ulum. (3) Untuk mengetahui dampak pembelajaran Ke-NUan
(ASWAJA) sebagai pendidikan karakter MTs NU Mafatihul Ulum.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif.
Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan
teknik nonprobality sampling. Penentuannya menggunakan
purposive sampling, jumlah informan penelitian ini sebanyak enam
informan, yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka
Kesiswaan, Guru Mapel Ke-NUan, Siswa, Wali Murid.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan
pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter
siswa MTs NU Mafatihul Ulum, sebelum proses pembelajaran
guru merancancang strategi, membuat RPP, membuat silabus. (2)
implementasi pembelajaran Ke-NUan (ASWAJA) sebagai
pendidikan karakter siswa MTs NU Mafatihul Ulum,
implementasinya meliputi: membaca asmaul husna pada jam
pertama, berdo’a bersama sebelum belajar, sholat dhuha
berjama’ah, sholat dzuhur berjama’ah. (3) Dampak pembelajaran
Ke-NUan (ASWAJA) sebagai pendidikan karakter MTs NU
Mafatihul Ulum, dampaknya siswa memiliki karakter tawasuth,
tawazun, tasamuh, ta’dil, dalam amaliyah ibadah tahlil, istighasah,
membaca maulid alberjanzi, ziarah kubur, tawasul, tabarukan.
Pada bidang ibadah qunut subuh, dzikir bersama setelah sholat
berjama’ah, sholat tarawih 20 rakaat |
id |
IOS4368.3238 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Kudus |
affiliation |
onesearch.apptis.or.id |
institution_id |
156 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus |
library_id |
355 |
collection |
Repository STAIN Kudus |
repository_id |
4368 |
subject_area |
Islam/Agama Islam Islam dan Ilmu Sosial Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4368 |
first_indexed |
2020-09-24T18:12:47Z |
last_indexed |
2020-09-24T18:12:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686121757037035520 |
score |
17.538404 |