Implentasi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler (Program Morning Fun) Pada Peserta Didik di MTs. Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri Kudus

Main Author: Faizin, Muhammad Noor
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainkudus.ac.id/3234/8/1.%20COVER.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/3234/7/2.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/3234/6/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/3234/5/4.%20BAB%20I.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/3234/4/5.%20BAB%20II.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/3234/3/6.%20BAB%20III.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/3234/2/7.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/3234/10/8.%20BAB%20V.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/3234/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/3234/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) implementasi proses kegiatan ekstrakurikuler (Program Morning Fun) sebagai wadah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di MTs. Matholi'ul Huda Troso Tahun Ajaran 2019/2020, 2) Nilai nilai pendidikan karakter apa saja yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler (Program Morning Fun) pada peserta didik di MTs. Matholi'ul Huda Troso Tahun Ajaran 2019/2020, 3) faktor penghambat dan pendukung proses kegiatan ekstrakurikuler (Program Morning Fun) sebagai wadah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di MTs. Matholi'ul Huda Troso Tahun Ajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Subyek penelitian ini adalah Mentor pembimbing cabang ekstrakurikuler, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, peserta didik. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian dianalisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan datanya menggunakan beberapa cara yakni meningkatkan ketekunan, triangulasi dan juga menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi proses kegiatan ekstrakurikuler (Program Morning Fun) sebagai wadah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di MTs. Matholi'ul Huda Troso meliputi perencanaan proses kegiataan, pengelompokan cabang ekstrakurikuler berdasarkan psikososial, yakni berkenakaan dengan olah hati, olah piker, olahraga, olah asa dan karsa. 2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler (Program Morning Fun) di MTs. Matholi'ul Huda Troso secara umum terdapat tiga nilai karakter yang dikembangkan di MTs. Matholiul Huda Troso pada kegiatan ekstrakurikuler, yaitu karakter Religius, Dsisiplin, Kerjasama, dan Tanggung Jawab. Adapun secara spesifik nilai- nilai pendidikan vi karakter dikelompokkan kedalam 4 ranah psikosoial yakni. olah Hati, olah piker, olahraga, olah rasa dan karsa. 3) faktor penghambat dan pendukung proses kegiatan ekstrakurikuler (Program Morning Fun) sebagai wadah untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di MTs. Matholi'ul Huda Troso, factor penghambat secara umum meliputi SDM (Sumber Daya Manusia), Sarana Prasarana, Administrasi Finansial. Serta factor pendukung berasal dari semua pihak baik dalam warga Madrasah maupun Luar warga Madrasah