Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui secara mendalam mengenai Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Qur’an Hadist Kelas VIII Di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini adalah fild research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Qur’an Hadis, dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode skala dan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 40 peserta didik, kemudian diambil sampel seesar 36 siswa dengan berpedoman pada teknik pengukuran sampel Krecjie & Morgan. Terdapat pengaruh antara metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap Kemampuan membaca AlQur’an di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus sebesar 9,13 %. Nilai koefisien regresi nilai t hitung 2,417 dan signifikansi 0,021 > 0,05 maka berpengaruh pada kemampuan membaca Al-Qur’an, tetapi memiliki kontribusi pada R Squere adalah 0,091. Standart Error of the Estimete adalah 3,238. Persamaan regresi Ŷ = 16,18 + 0,202X. Persamaan tersebut diartikan bahwa apabila kemampuan membaca Al-Qur’an seseoran 0 sebelum dipengaruhi oleh metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition, ada kenaikan 0,202 setelah dipengaruhi oleh metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition