Pengaruh Metode pembelajaran Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Mu’allimat NU Kudus
Daftar Isi:
- Pembelajaran akidah akhlak memerlukan metode yang sangat tepat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Salah satunya dengan menggunakan metode discovery learning. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Mu’allimat NU Kudus, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Mu’allimat NU Kudus, (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Mu’allimat NU Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak penulis. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Mu’allimat NU Kudus pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas VIII, kemudian diambil sampel 82 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode pembelajaran discovery learning dalam kategori sangat baik yaitu 56 yang termasuk dalam rentang interval 49-60. 2) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak dalam kategori baik yaitu 85 yang termasuk dalam rentang interval 83-88. 3) Terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery learning terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas VIII MTs Mu’allimat NU Kudus, dengan persamaan Ŷ = 44,776 + 0,723 X. Metode pembelajaran discovery learning mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan prestasi belajar peserta didik sebesar 0,649 termasuk dalam kategori kuat. Kemudian pada koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 42,1% artinya penerapan metode pembelajaran discovery learning memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas VIII MTs Mu’allimat NU Kudus.