Pengaruh Pemberian Reward terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum Loram Jati Kudus Tahun Ajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui apakah ada pengaruh antara Pemberian Reward terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum. Selama ini pembelajaran Akidah Akhlak disekolah kurang begitu diminati oleh siswa. Karena pembelajaran Akidah Akhlak dianggap pelajaran yang membosankan. Dari hasil studi pendahuluan terhadap guru mata pelajaran Akidah Ahalak di MTs Miftahul Ulum, salah satu metode pembelajaran Akidah Ahlak kelas VIII sudah diterapkan pemberian reward, karena asumsi beliau metode pemberian reward ini dapat memancing siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan metode Random Sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis linier sederhana. Model persamaan tersebut diolah dengan bantuan SPSS 16. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs NU Miftahul Ulum yang pada mata pelajaran akidah akhlak di kenakan pemberian reward dan jumlah responden pada penelitian ini adalah 40 responden. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliuuti uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis linier sederhana untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis linier sederhana secara simultan variabel Reward berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Adapun besarannya pengaruhnya adalah 46.3% sisanya sebesar 53.7% dipengaruhi oleh faktor lain.