Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi kegiatan parenting di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus; mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan parenting di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus; dan menganalisis efektivitas hasil dari kegiatan parenting dalam membentuk karakter siswa MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan di MI NU Islamiyah Golantepus Mejobo Kudus dengan subyek penelitian guru dan orang tua siswa kelas I sampai kelas VI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknikreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam rangka menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan validitas trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Kegiatan tersebut yakni mengecek kebenaran data yang diperoleh dari sumber data lalu menggabungkan data yang diperoleh dengan sumber data yang sama. Hasil penelitian mengungkap suatu temuan yakni interaksi guru dan orang tua dalam pembentukan karakter siswa di MI NU Islamiyah Golantepus dilakukan dalam bentuk kegiatan home visit (kunjungan ke rumah), bimbingan dan konseling, fieldtrip, pemberian buku penghubung atau observasi, grup whattsapp, pertemuan di akhir semester, serta pemberian contoh dan pembiasaan; adapun kendala yang dihadapi dalam kegiatan parenting adalah keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru, kurang adanya keaktifan orang tua dalam mengikuti kegiatan parenting, perbedaan latar belakang sosial orang tua, dan orang tua kurang terbuka mengenai permasalahan anak; dengan demikian hasil kegiatan parenting dalam membentuk karakter siswa dinilai efektif karena ada perubahan perilaku, sikap disiplin, tanggung jawab, kreatif, religius, dan pemahaman peserta didik kearah yang lebih baik sebagai implikasi dari pelaksanaan kegiatan parenting tersebut.