Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaan inkuiri pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Mu’allimat NU Kudus. 2) Bagaimana daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Mu’allimat NU Kudus. 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaan inkuiri terhadap peningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Mu’allimat NU Kudus. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di kelas VIII MTs Mu’allimat NU Kudus. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas VIII, kemudian diambil sampel 84 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam analisis, penulis menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri pada kelas VIII dalam kategori baik yaitu dengan nilai sebesar 56 dalam rentang interval 52-56 yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran SKI kelas VIII termasuk dalam kualifikasi tinggi. (2) Daya ingat peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII dalam kategori baik yaitu dengan nilai sebesar 59 dalam rentang interval 53-59 yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran SKI kelas VIII termasuk dalam kualifikasi tinggi sehingga dikatakan terdapat peningkatan pada ingatan siswa. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap daya ingat peserta didik di kelas VIII MTs Mu’allimat NU Kudus, dengan koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y dibuat tetap atau dikendalikan maka hasil korelasinya 0,564. Artinya terjadi hubungan yang positif dan signifikan antara keduanya. Selanjutnya melelui uji t diperoleh hasil signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran inkuiri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap daya ingat siswa di MTs Mu’allimat NU Kudus. Adapun analisis dari koefisien determinasi sebesar 0.318. Ini berarti pembelajaran inkuiri memberikan konstribusi sebesar 31,8% terhadap daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Mu’allimat NU Kudus. (4) Penerapan model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya ingat siswa. Hal ini dibuktikan dari pembelajaran langsung yang melibatkan peserta didik di kelas dan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan daya ingat siswa.