Analisis Penerapan Pembelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof di MI Bustanul Ulum Pagerharjo Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2018/ 2019
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Nahwu Shorof di MI Bustanul Ulum serta mengetahui beberapa faktor byang dapat menghambat dan mendukung dalam pembelajaran mutan lokla Nnahwu shorof di MI Bustanul Ulum Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Penelitian ini menggunakan objek penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pagerharjo Wedarijaksa Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Nahwu Shorof berjalan sesuai dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasai. Sebelum pelaksanaan pembelajaran mutan lokal Nahwu Shorof ini guru merencanakan untuk mempersipkan rencana pembelajaran yang sesuai dengan hasil yang diharapkan.Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Nahwu Shorof diaplikasikan melalui tiga langkah kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evauasi yang dilakukan guru muatan lokal Nahwu Shorof yaitu guru menggunakan tes formatif dan tes sumatif. Faktor yang dapat menghambat pembelajaran Nahwu Shorof meliputi: faktor siswa yang masing masing dari siswa memiliki kemampuan yang berbeda- beda dalam menerima materi yang disampaiakan oleh guru, pengaruh lingkungan sekolah yang mana teman satu kelas siswa itu berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa disekolah, dan sebagian kecil dari siswa terdapat kurangnya perhatian dari orang tua dalam hal waktu belajar di rumah. Sedangkan n faktor yang mampu mendukung pelaksanaan pembelajaran muatan lokal yakni usaha dari diri peserta didik itu sendiri, guru, orang tua dan lingkungan. Jika di dalam diri peserta didik itu ada semangat untuk belajar, maka proses pembelajarannya dapat dengan mudah dipahami dan diterima oleh pesrta didik begitu juga dengan guru yang menyampaiakan materi akan merasa puas dan nyaman ketika mengajar. Sedangkan faktor yang mendukung pembelajaran lainnya adalah rasa ingin tahu dari peserta didik yang tinggi ketika pembelajaran berlangsung, selain daripada itu sarana prasarana yang disediakan di sekolah juga sudah tersedia untuk belajar siswa di sekolah