Penerapan Metode Pembelajaran Self Directed Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penerapan metode Self Directed Learning pada pembelajaran mata pelajaran Aqidah akhlak dan faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam penerapan metode pembelajaran Self Directed Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode pembelajaran Self Directed Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif pada kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus, pengumpulan data tersebut diperoleh dengan metode observasi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan metode pembelajaran self directed learning, wawancara dengan kepala madrasah, guru aqidah akhlak serta peserta didik dan metode dokumentasi yang diperoleh yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data (meliputi kemandirian belajar, metode pembelajaran) penjajian data meliputi hal yang bersangkuutan dalam reduksi data kemandirian belajar, metode pembelajaran dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan analisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode pembelajaran self directed learning pada pembelajaran mata pelajaran Aqidah akhlak dengan tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, untuk pembelajaran aqidah akhlak dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik melalui kelompok diskusi yang memiliki tutor sebaya. 2) Faktor pendukung dan penghambat serta dalam penerapan metode pembelajaran self directed Learning yakni faktor internal dan eksternal yang berasal dari guru, peserta didik serta sarana dan prasarana.