Penerapan Teknik Montase Terhadap Perkembangan Daya Pikir Anak pada Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Aisyiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus
Daftar Isi:
- Pada hakekatnya anak usia dini termasuk usia pra sekolah berada pada masa proses perubahan berupa pertumbuhan, perkembangan, pematangan, dan pemyempurnaan, baik pada aspek fisik maupun psikis atau jasmani maupun rohaninya yang berlangsung secara bertahap dan berkelanjutan. Oleh karena itu dalam dalam pembelajaran bagi anak usia dini guru harus cermat dalam menerapkan metode pembelajaran, slah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan di RA Aisyiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus adalah dengan menggunakan teknik montase. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan penerapan teknik montase terhadap perkembangan daya pikir anak pada pembelajaran anak usia dini di RA Aisyiyah Al-Tanbih getas Pejaten Jati Kudus. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan teknik montase pada pembelajaran anak usia dini di RA Aisyiyah Al – Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Disini peneliti mengambil lokasi di RA Aisyiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapatkan diantaranya yaitu: (1) Pelaksanaan penerapan teknik montase terhadap perkembangan daya pikir anak pada pembelajaran anak usia dini di RA Aisyiyah Al-Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus bahwa penerapan metode pembelajaran dengan menggunakan metode montase di RA Aisyiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus cukup untuk diterapkan dan penerapannya dilaksanakan dengan mengacu pada acuan rancangan pembelajaran (RPPH) dan waktu yang digunakan juga menggunakan waktu yang sifatnya kondisional. (2) Faktor pendukung dan penghambat pada penerapan teknik montase pada pembelajaran anak usia dini di RA Aisyiyah Al-Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus. bahwa faktor pendukung dalam penerapan teknik montase diantaranya adalah kondisi anak yang mudah diatur, Fasilitas atau lingkungan yang memadai, sarana prasarana yang memadai, serta pengetahuan guru tentang kondisi anak atau komunikasi anak dan guru yang berjalan lancar. Sedangkan faktor penghambat pada penerapan teknik montase diantaranya adalah waktu yang terbatas, kondisi anak yang kurang baik dan berbeda-beda, serta kurangnya media pembelajaran.