Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Raudlotut tholibin desa sidomulyo kec. Jekulo kab. Kudus, 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat terkait dengan upaya peningkatan mutu pendidikan di MTs Raudlotut tholibin desa sidomulyo kec. Jekulo kab. Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data ini dieroleh dari sumber data primer dan sekunder, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah , waka kurikulum dan siswa. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian di analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan datanya menggunkan beberapa cara yakni ketekunan, triangulasi dan juga bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka meningkatakan mutu pendidikan dilakukan dengan berbagai cara diantaranya rekrutmen tenaga pendidik, penyempurnaan rekrutmen siswa, manajemen pendidikan, supervisi,. 2) untuk faktor pendukung upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan diantaranya guru yang profesional, sisa yang teladan, kurikulum,sarana prasarana, manajemen proses pembelajaran, dan evaluasi dari lembaga senaungan yayasan. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah kurang percayanya masyarakat untuk menaruh putranya untuk sekolah di madrash, rendahnya minat baca dan juga rendahnya tingkat motivasi dan semangat belajar siswa.