Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh etika Jawa terhadap perilaku sopan santun siswa kelas VIII MTs Nurul Ilmi. 2) Pengaruh etika Jawa terhadap religiusitas siswa kelas VIII MTs Nurul Ilmi. 3) Pengaruh religiusitas siswa terhadap perilaku sopan santun siswa kelas VIII MTs Nurul Ilmi. 4) Pengaruh etika Jawa terhadap perilaku sopan santun siswa kelas VIII MTs Nurul Ilmi melalui religiusitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Ilmi Bategede Jepara dengan jumlah 127. Peneliti mengambil sampel sejumlah 97 responden yang terdiri dari 44 laki-laki dan 53 perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan software SPSS Statistics 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Etika Jawa secara positif berpengaruh terhadap religiusitas siswa kelas VIII MTs Nurul Ilmi. Hal ini bisa dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0.606 dan nilai signifikansi uji T sebesar 0,000 yang nilainya kurang dari 0,05. 2) Etika Jawa secara positif berpengaruh terhadap terhadap perilaku sopan santun siswa kelas VIII MTs Nurul Ilmi. Hal ini bisa dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 1.288 dan nilai signifikansi uji T sebesar 0,000 yang nilainya kurang dari 0,05. 3) Religiusitas secara positif berpengaruh terhadap perilaku sopan santun siswa kelas VIII MTs Nurul Ilmi. dikarenakan nilai koefisien regresi sebesar 0.289 dan nilai signifikansi uji T sebesar 0,000 yang nilainya kurang dari 0,05. 4) Etika Jawa secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap perilaku sopan santun siswa kelas VIII MTs Nurul Ilmi melalui religiusitas sebagai variabel intervening. Hal ini dapat dilihat dari nilai uji T sebesar 4.41503 lebih besar dari nilai ttabel dengan tingkat signifikansi 5% yaitu sebesar 1.66088.