Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Fiqih, untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pendidik mata pelajaran Fiqih dan peserta didik kelas VII. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul teknik analisis data berupa data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan data verification (menyimpulkan data). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu pendidik mengajukan pertanyaan kepada peserta didik, peserta didik membaca bukubuku yang berkaitan dengan yang ditanyakan pendidik, pendidik memberikan kesempatan bertanya yang berkaitan dengan materi, pendidik mempersilahkan peserta didik untuk menjawab, pendidik menawarkan peserta didik lain, pendidik memberikan penyimpulan dari semua jawaban peserta didik. (2) Kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus setelah diterapkan metode pembelajaran inquiry menghasilkan nilai dalam kategori baik, ditunjukkan dengan adanya evaluasi yang diberikan oleh pendidik memperoleh hasil keseluruhan kelas yang memuaskan. Interval nilai 90-100 diperoleh 24 peserta didik, nilai 80-89 diperoleh 81 peserta didik, dan nilai 70-79 hanya diperoleh 1 peserta didik. (3) Faktor pendukung dari pelaksanaan metode pembelajaran inquiry meliputi pendidik mata pelajaran Fiqih yang berkompeten, peserta didik yang mempunyai semangat, percaya diri serta rasa ingin tahu yang tinggi, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan metode pembelajaran inquiry adalah peserta didik yang kurang percaya diri saat menyampaikan pendapat serta adanya keterbatasan waktu saat proses pembelajaran