Manajemen Peningkatan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di MTs Negeri 3 Rembang sudah berjalan sejak tahun 2015
Daftar Isi:
- Tim Penjamin Mutu yang membawahi Tim Pengembang Madrasah (TPM) Bertanggungjawab dalam kegiatan peningkatan profesionalisme tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen peningkatan profesionalisme tenaga pendidik di MTs Negeri Rembang. Model evaluasi dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (contexs, input, process, produk). Model evaluasi ini dikembangkan oleh Daniel l. Stufflebeam dkk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan evaluative. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) dari komponen context, perumusan visi, misi, dan tujuan manajemen peningkatan profesionalisme tenaga pendidik sudah katagori baik. Sedikit catatan pada perumusan visi dimana perumusan misi masih kurang sempurna, karena visi dari pelaksanaan manajemen peningkatan profesionalisme tenaga pendidik merupakan implementasi dari visi dan misi madrasah yang mengacu pada program tahunan dan renstra madrasah. 2) Dari komponen input, menunujukkan bahwa input tim, guru, kurikulum serta sarana dan prasarana sudah katagori baik. Sedidkit catatan pada input sarana dan prasarana masih perlu adanya peninjauan terkait peningkatan profesionalisme tenaga pendidik. 3) Dari komponen process, penggunaan metode, media, materi, dan waktu pembelajaran dalam peningkatan profesionalisme tenaga pendidik sudah katogeri baik. Sementara untuk waktu pengembangan profesionalisme tenaga pendidik perlu dioptimalkan. 4) Komponen product sudah katagori baik. Pencapaian manajemen peningkatan profesionalisme tenaga pendidik sudah sesuai target yang ditetapkan oleh madrasah. Program yang dibuat oleh tim peningkatan profesionalisme tenaga pendidik sangat efektif untuk memantau dan mengukur keberhasilan manajemen peningkatan profesionalisme tenaga pendidik yang dibuat oleh tim manajemen