Pengaruh Supervisi Akademik, Partisipasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Profesional Guru MA Di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi profesional guru MA di Kecamatan Kedung Jepara. 2) Pengaruh partisipasi musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) terhadap kompetensi profesional guru MA di Kecamatan Kedung Jepara. 3) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kompetensi profesional guru MA di Kecamatan Kedung Jepara. Banyak kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan profesionalnya, salah satunya yaitu melakukan supervisi akademik oleh kepala madrasah, ikut berpartisipasi dalam kegiatan MGMP, dan di tunjang dengan tipe kepemimpinan dari kepala madrasah yang memperhatikan profesional tiap-tiap guru. Salah satunya dengan menggunakan tipe kepemimpinan demokratis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field reseach dengan jenis penelitian kuantitatif yang mana dilakukan berdasarkan data yang bersifat statistik untuk mengetahui seberapa besar pengaruh supervisi akademik, partisipasi MGMP, dan kepemimpinan kepala madrasah terhadap kompetensi profesional guru. Teknik sampel yang diambil adalah sampel purposif (purposive sampling). Obyek dari penelitian ini adalah guru madrasah aliyah di Kecamatan kedung. Di Kecamatan kedung Jepara terdapat 10 madrasah aliyah dengan jumlah 135 guru, oleh karena itu peneliti mengambil sampel 40 guru. Dimana tiap madrasah mengambil 4 guru untuk dijadikan sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan 1) Supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui nilai thitung = 1.769 yang lebih besar dari ttabel (1.684). 2) Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 1.753 lebih besar dari nilai ttabel (1.684). 3) Kepemimpinan Kepala Madrasah berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 4.613 lebih besar dari nilai ttabel (1.684).