Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. yang mencoba membedakan penerapan model pembelajaran student teams achievment divisions terhadap peningkatan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus Pendekatan yang digunakan adalah dengan quasi experimental design (eksperimen semu). Bentuk quasi experiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTs Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus pada tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 64 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji normalitas dan homogenitas serta uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan model pembelajaran student teams achievment divisions terhadap peningkatan kemampuan belajar siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan “to” atau t observasi = 5,85, maka (5,85 > 2,65) atau t observasi lebih besar dari tt (t tabel) baik pada taraf signifikansi 5% dan 1%, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berarti antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam peningkatan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak terdapat perbedaan. Dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan penerapan model pembelajaran student teams achievment divisions terhadap peningkatan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII-B MTs Ihyaul Ulum Gondoharum Jekulo Kudus Tahun 2018/2019.