Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu guru matapelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku kepustakaan, dan data dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya melalui observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi yang terkait terhadap instansi pendidikan yang ada di MA Mu’allimat NU Kudus. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1)Perencanaan strategi pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2018/2019 antara lain:Menentukan tujuan diterap kan strategi pembelajaran artikulasi, penyusunan perangkat pembelajaran, menentukan tahapan-tahapan dalam melaksanakan strategi pembelajaran artikulsi. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2018/2019 antara lain: Langkah-langkah pelaksanaan strategi pembelajaran artikulasi, interaksi-edukatif antara guru dan murid. 3) Hasil dari evaluasi strategi pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dikelas XI MA Mu’allimat NU Kudus tahun pelajaran 2018/2019 antara lain : Tujuan penggunaan strategi pembelajaran artikulasi, keunggulan dankelemahan penggunaan strategi pembelajaran artikulasi, respon peserta didik dalam menerima materi menggunakan strategi pembelajaran artikulasi.