Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimanakah pembinaan aktivitas keagamaan, perilaku siswa dan hasil belajar PAI di SDN Tlutup; 2) adakah pengaruh pembinaan aktivitas keberagamaan terhadap keberagamaan siswa di SDN Tlutup; 3) adakah pengaruh pembinaan aktivitas keagamaan terhadap hasil belajar PAI di SDN Tlutup; dan 4) adakah pengaruh pembinaan aktivitas keagamaan secara bersama-sama terhadap keberagamaan siswa dan hasil belajar PAI di SDN Tlutup Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah melalui studi lapangan melalui survey dengan teknik pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SD Negeri Tlutup Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2014/2015. Datanya diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Sejumlah 89 siswa (taraf kesalahan 5%) dari seluruh siswa 116 siswa kelas III-VI di SD Negeri Tlutup dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi dan korelasi ganda 2 prediktor. Kajian ini menyimpulkan bahwa: (1) Pembinaan aktivitas keagamaan di SDN Tlutup termasuk kategori baik. Ini ditunjukkan dari mean sebesar 83,22 yang terletak pada interval 68-83 dalam kategori baik. Sedangkan keberagamaan siswa di SDN Tlutup termasuk kategori sangat baik. Ini ditunjukkan dari mean sebesar 87,20 yang terletak pada interval 84-100 dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil belajar PAI di SDN Tlutup juga termasuk kategori sangat baik. Ini ditunjukkan dari mean sebesar 83,21 yang terletak pada interval 80-100 dalam kategori sangat baik; (2) Ada pengaruh pembinaan aktivitas keagamaan terhadap keberagamaan siswa di SDN Tlutup. Hal ini dibuktikan dari besarnya kekuatan hubungannya sebesar rxy1 = 0,755, R2 sebesar 57,0%, dan persamaan regresi Ŷ = 35,131 + 0,626 X dengan signifikansi Freg = 115,320; (3) Ada pengaruh pembinaan aktivitas keagamaan terhadap hasil belajar PAI di SDN Tlutup. Hal ini dibuktikan dari besarnya rx2y = 0,777, R2 sebesar 60,37%, dan persamaan regresi Ŷ = 44,617 + 0,464 X dengan signifikansi Freg = 132,362; dan (4) Ada pengaruh pembinaan aktivitas keberagamaan secara bersama-sama terhadap perubahan perilaku siswa dan hasil belajar PAI di SDN Tlutup. Hal ini dibuktikan dari besarnya rxy(1,2) = 0,777, R2 sebesar 60,4% dan signifikansi Freg = 65,586, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.