Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru pada era millenial di SMA 2 Bae Kudus; 2). Faktor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru pada era millenial di SMA 2 Bae Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilaksanakan di SMA 2 Bae Kudus dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dengan data collection, reduksi data, penyajian data, dan verification (penyimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terlaksananya manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan kinerja guru pada era millenial di SMA 2 Bae Kudus yang dapat dideskripsikan melalui: a) Adanya perencanaan jangka panjang dan perencanaan tahunan, b) Adanya pembagian tugas yang jelas yang tersusun dalam organisasi sekolah, c) Kinerja guru meliputi persiapan dalam mengajar, metode yang akan dipakai dalam pembelajaran, Pengelolaan kelas, dan Prestasi siswa. 2) Faktor pendukung, yaitu: a) Motivasi dari guru, b) Dukungan dari Pemerintah Provinsi, c) Sarana yang mendukung tercapainya kinerja guru, d) Dukungan dari orang tua siswa mengenai pendidikan vokasi. Faktor penghambat, yaitu: a) Kurangnya anggaran, b) kurangnya minat untuk mengikuti kegiatan keterampilan vokasi, c) Kurangnya lapangan pekerjaan yang menampung bagi siswa lulusan SMA.