Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan penerapan metode card sort pada Mata Pelajaran Alquran Hadis di MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus (2) untuk mengetahui tingkatan partisipasi belajar pada mata pelajaran Alquran hadis di MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus (3) untuk mengetahui pengaruh metode card sort terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran hadis di MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MI NU Nahdlatus Shibyan Nemplak Undaan Kudus yakni pada ruang lingkup kelas III. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi sebab identifikasi kelas III di MI NU Nahdlatus Shibyan hanya terdiri dari 22 peserta didik. dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi kuadratik dan korelasi kendall tau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) waktu pelaksaan penerapan metode card sort dalam mata pelajaran alquran hadis di kelas III MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus bersifat random 2) tingkatan partisipasi belajar dari masing- masing peserta didik di kelas III MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus pada Mata Pelajaran Alquran Hadis bersifat random 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode card sort dengan partisipasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Alquran Hadis kelas III MI NU Nahdlatus Shibyan Ngemplak Undaan Kudus , dengan persamaan regresi Y = ¬ 126,465 – 1,711 X+ 0,015 X2, hubungan keduanya positif & sangat signifikan dengan r sebesar 0,856.