PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI NU TAMRINUT THULLAB KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa baik pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA, seberapa baik hasil belajar siswa yang diterapkan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA dan mengetahui pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di MI NU Tamrinut Thullab. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V MI NU Tamrinut Thullab dengan jumlah 31 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan program SPSS 16.0 dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA mempunyai nilai rata-rata sebesar 65,32 berada pada interval (63-68), dan termasuk dalam kategori sangat baik. Tingkat hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran IPA mempunyai nilai rata-rata sebesar 67,74, berada pada interval (65-70), dan termasuk dalam kategori baik. Terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang didapat yaitu 0,708 dengan batasan korelasi 0,60–0,799 yang tingkat korelasinya berarti “kuat”. Sedangkan dilihat dari Fhitung > Ftabel (29>4,16) yang berarti, Ha diterima dan Ho ditolak, maknanya terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di MI NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2018/2019