ctrlnum 300
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/</relation><title>PENERAPAN METODE READ, REPEAT DAN DISTRIBUTE DALAM&#xD; MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK&#xD; SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SABILUL ULUM&#xD; MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016&#xD; SKRIPSI</title><creator>ZAFINIA, NOOR HANNA</creator><subject>Agama</subject><subject>Fiqih</subject><subject>Pendidikan</subject><subject>Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah:&#xD; 1) Untuk mengetahui penerapan metode read,&#xD; repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik&#xD; siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun&#xD; pelajaran 2015/2016,&#xD; 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung&#xD; penerapan metode read, repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan&#xD; kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sabilul Ulum&#xD; Mayong Jepara tahun pelajaran 2015/2016.&#xD; Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif yang&#xD; menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun lokasi&#xD; penelitian di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Informan diperoleh dari kepala&#xD; sekolah, guru Fiqih dan siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,&#xD; display data dan verifikasi data.&#xD; Adapun hasil penelitian ini adalah:&#xD; 1) Penerapan metode read, repeat dan&#xD; distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada&#xD; mata pelajaran Fiqih adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman siswa&#xD; dalam belajar. Pada aspek kognitif, guru memberikan metode read dan repeat,&#xD; dimana siswa dapat membaca materi shalat sunnah dan mengulang kembali materi&#xD; shalat sunnah. Pada aspek psikomotorik, guru memberikan metode distribute, agar&#xD; siswa memahami dan mampu mempraktekkan gerakan shalat sunnah.&#xD; 2) Faktor&#xD; penghambat dan pendukung penerapan metode read, repeat dan distribute dalam&#xD; meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran&#xD; Fiqih, faktor pendukung terbagi menjadi dua yakni internal dan eksternal, faktor&#xD; internalnya yaitu adanya situasi yang menghadirkan kelengkapan serta&#xD; keterbukaan siswa dalam pembelajaran Fiqih, sedangkan faktor eksternalnya yaitu&#xD; guru memberikan perhatian penuh pada siswa. Kemudian dalam faktor&#xD; penghambatnya, dari internalnya yaitu kurang seriusnya siswa dalam memahami&#xD; isi materi yang disampaikan oleh guru Fiqih. Sedangkan dari eksternalnya yaitu&#xD; sarana prasarana yang kurang memadai dan lingkungan dalam mengajar kurang&#xD; kondusif karena lingkungan sekitar madrasah dekat dengan usaha pembuatan&#xD; genteng.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/3/3.%20DAFTRA%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/4/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/5/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/6/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/7/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/8/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ZAFINIA, NOOR HANNA (2016) PENERAPAN METODE READ, REPEAT DAN DISTRIBUTE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SABILUL ULUM MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI. Undergraduate thesis, stain kudus. </identifier><recordID>300</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ZAFINIA, NOOR HANNA
title PENERAPAN METODE READ, REPEAT DAN DISTRIBUTE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SABILUL ULUM MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI
publishDate 2016
topic Agama
Fiqih
Pendidikan
Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://eprints.stainkudus.ac.id/300/1/1.%20COVER.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/3/3.%20DAFTRA%20ISI.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/4/4.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/5/5.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/6/6.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/7/7.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/8/8.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/
contents Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode read, repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2015/2016, 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung penerapan metode read, repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Informan diperoleh dari kepala sekolah, guru Fiqih dan siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan metode read, repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman siswa dalam belajar. Pada aspek kognitif, guru memberikan metode read dan repeat, dimana siswa dapat membaca materi shalat sunnah dan mengulang kembali materi shalat sunnah. Pada aspek psikomotorik, guru memberikan metode distribute, agar siswa memahami dan mampu mempraktekkan gerakan shalat sunnah. 2) Faktor penghambat dan pendukung penerapan metode read, repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih, faktor pendukung terbagi menjadi dua yakni internal dan eksternal, faktor internalnya yaitu adanya situasi yang menghadirkan kelengkapan serta keterbukaan siswa dalam pembelajaran Fiqih, sedangkan faktor eksternalnya yaitu guru memberikan perhatian penuh pada siswa. Kemudian dalam faktor penghambatnya, dari internalnya yaitu kurang seriusnya siswa dalam memahami isi materi yang disampaikan oleh guru Fiqih. Sedangkan dari eksternalnya yaitu sarana prasarana yang kurang memadai dan lingkungan dalam mengajar kurang kondusif karena lingkungan sekitar madrasah dekat dengan usaha pembuatan genteng.
id IOS4368.300
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2017-07-15T02:36:17Z
last_indexed 2017-07-15T02:48:16Z
recordtype dc
_version_ 1686121738067247104
score 17.538404