PENERAPAN METODE READ, REPEAT DAN DISTRIBUTE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SABILUL ULUM MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI
ctrlnum |
300 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/</relation><title>PENERAPAN METODE READ, REPEAT DAN DISTRIBUTE DALAM
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK
SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SABILUL ULUM
MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
SKRIPSI</title><creator>ZAFINIA, NOOR HANNA</creator><subject>Agama</subject><subject>Fiqih</subject><subject>Pendidikan</subject><subject>Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah:
1) Untuk mengetahui penerapan metode read,
repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik
siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun
pelajaran 2015/2016,
2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung
penerapan metode read, repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan
kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sabilul Ulum
Mayong Jepara tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif yang
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun lokasi
penelitian di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Informan diperoleh dari kepala
sekolah, guru Fiqih dan siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
display data dan verifikasi data.
Adapun hasil penelitian ini adalah:
1) Penerapan metode read, repeat dan
distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada
mata pelajaran Fiqih adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman siswa
dalam belajar. Pada aspek kognitif, guru memberikan metode read dan repeat,
dimana siswa dapat membaca materi shalat sunnah dan mengulang kembali materi
shalat sunnah. Pada aspek psikomotorik, guru memberikan metode distribute, agar
siswa memahami dan mampu mempraktekkan gerakan shalat sunnah.
2) Faktor
penghambat dan pendukung penerapan metode read, repeat dan distribute dalam
meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran
Fiqih, faktor pendukung terbagi menjadi dua yakni internal dan eksternal, faktor
internalnya yaitu adanya situasi yang menghadirkan kelengkapan serta
keterbukaan siswa dalam pembelajaran Fiqih, sedangkan faktor eksternalnya yaitu
guru memberikan perhatian penuh pada siswa. Kemudian dalam faktor
penghambatnya, dari internalnya yaitu kurang seriusnya siswa dalam memahami
isi materi yang disampaikan oleh guru Fiqih. Sedangkan dari eksternalnya yaitu
sarana prasarana yang kurang memadai dan lingkungan dalam mengajar kurang
kondusif karena lingkungan sekitar madrasah dekat dengan usaha pembuatan
genteng.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/3/3.%20DAFTRA%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/4/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/5/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/6/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/7/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/8/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/300/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ZAFINIA, NOOR HANNA (2016) PENERAPAN METODE READ, REPEAT DAN DISTRIBUTE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SABILUL ULUM MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SKRIPSI. Undergraduate thesis, stain kudus. </identifier><recordID>300</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ZAFINIA, NOOR HANNA |
title |
PENERAPAN METODE READ, REPEAT DAN DISTRIBUTE DALAM
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK
SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs SABILUL ULUM
MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
SKRIPSI |
publishDate |
2016 |
topic |
Agama Fiqih Pendidikan Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://eprints.stainkudus.ac.id/300/1/1.%20COVER.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/300/2/2.%20ABSTRAK.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/300/3/3.%20DAFTRA%20ISI.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/300/4/4.%20BAB%20I.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/300/5/5.%20BAB%20II.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/300/6/6.%20BAB%20III.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/300/7/7.%20BAB%20IV.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/300/8/8.%20BAB%20V.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/300/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/300/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah:
1) Untuk mengetahui penerapan metode read,
repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik
siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun
pelajaran 2015/2016,
2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung
penerapan metode read, repeat dan distribute dalam meningkatkan kemampuan
kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Sabilul Ulum
Mayong Jepara tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif yang
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun lokasi
penelitian di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Informan diperoleh dari kepala
sekolah, guru Fiqih dan siswa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
display data dan verifikasi data.
Adapun hasil penelitian ini adalah:
1) Penerapan metode read, repeat dan
distribute dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada
mata pelajaran Fiqih adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman siswa
dalam belajar. Pada aspek kognitif, guru memberikan metode read dan repeat,
dimana siswa dapat membaca materi shalat sunnah dan mengulang kembali materi
shalat sunnah. Pada aspek psikomotorik, guru memberikan metode distribute, agar
siswa memahami dan mampu mempraktekkan gerakan shalat sunnah.
2) Faktor
penghambat dan pendukung penerapan metode read, repeat dan distribute dalam
meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran
Fiqih, faktor pendukung terbagi menjadi dua yakni internal dan eksternal, faktor
internalnya yaitu adanya situasi yang menghadirkan kelengkapan serta
keterbukaan siswa dalam pembelajaran Fiqih, sedangkan faktor eksternalnya yaitu
guru memberikan perhatian penuh pada siswa. Kemudian dalam faktor
penghambatnya, dari internalnya yaitu kurang seriusnya siswa dalam memahami
isi materi yang disampaikan oleh guru Fiqih. Sedangkan dari eksternalnya yaitu
sarana prasarana yang kurang memadai dan lingkungan dalam mengajar kurang
kondusif karena lingkungan sekitar madrasah dekat dengan usaha pembuatan
genteng. |
id |
IOS4368.300 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Kudus |
affiliation |
onesearch.apptis.or.id |
institution_id |
156 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus |
library_id |
355 |
collection |
Repository STAIN Kudus |
repository_id |
4368 |
subject_area |
Islam/Agama Islam Islam dan Ilmu Sosial Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4368 |
first_indexed |
2017-07-15T02:36:17Z |
last_indexed |
2017-07-15T02:48:16Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686121738067247104 |
score |
17.538404 |