PENGARUH KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPRIBADIAN DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTs. MATHOLI’UL HUDA BAKALAN KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI TAHUN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepribadian dan kedisiplinan siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan respondennya menggunakan teknik probability sampling dan penentuan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan jasa program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Kualitas kepemimpinan kepala sekolah menggunakan kualitas untuk meningkatkan partisipasi dalam memecahkan masalah dan tabligh. Ini ditunjukkan dari studi pendahuluan dari mean sebesar 79,71 yang terletak pada interval 72-90 dalam kategori sangat baik; 2) Kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepribadian siswa dengan nilai t sebesar 12.533 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 nilai tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepribadian siswa; 3) Kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan siswa dengan nilai t sebesar 13.400 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 nilai tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan siswa; 4) Kontribusi kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepribadian dan kedisiplinan siswa menurut hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan.