ctrlnum 2986
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/</relation><title>TOTALITAS KINERJA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN&#xD; BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS&#xD; KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI&#x2019;UL&#xD; FALAH KANDANGMAS DAWE KUDUS</title><creator>Cahyono, Monix</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk kesulitan belajar yang dialami&#xD; siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur&#x2019;an hadits. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang&#xD; menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur&#x2019;an hadits. 3) Untuk&#xD; mengetahui bentuk totalitas kinerja guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII&#xD; pada mata pelajaran alqur&#x2019;an hadits.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan&#xD; kualitatif pada kelas VII di MTs Matholi&#x2019;ul Falah Kandangmas Dawe Kudus. Data yang&#xD; diperoleh adalah data primer yang berupa hasil wawancara kepada para narasumber yang&#xD; meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru pengampu mata pelajaran, siswa kelas VII,&#xD; dan orang tua siswa kelas VII. Selain itu, untuk melengkapi data penelitian, peneliti juga&#xD; mengambil data sekunder seperti profil madrasah, struktur organisasi, data guru, staff dansiswa,&#xD; lokasi dan sarana prasarana yang diambil dari dokumen madrasah MTs Matholi&#x2019;ul Falah.&#xD; Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu teknik&#xD; wawancara yang dilakukan dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru, siswa kelas VII&#xD; serta orangtua siswa kelas VII. Selain dengan wawancara peneliti juga menggunakan teknik&#xD; observasi, yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dalam mengatasi siswa yang&#xD; mengalami kesulitan belajar yang dilakukan di MTs Matholi&#x2019;ul Falah Kandangmas Dawe&#xD; Kudus. Sementara itu untuk mendukung informasi yang didapat dari hasil observasi dan&#xD; wawancara tersebut, maka peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menguji data&#xD; yang didapat peneliti melakukan uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan&#xD; mengaudit data yang ada yang dilakukan oleh pembimbing. Dalam menganalisa data, peneliti&#xD; merangkum, memilah dan memfokuskan data padahal yang penting, kemudian menguraikan&#xD; data pada hal-hal yang penting dari lapangan tersebut dan menarik kesimpulan akhir temuan&#xD; penelitian mengenai bentuk-bentuk kesulitan belajar, faktor yang menyebabkan kesulitan&#xD; belajar, dan bentuk totalitas kinerja yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar&#xD; siswa kelas VII MTs Matholi&#x2019;ul Falah Kandangmas Dawe Kudus.&#xD; Hasil yang diperoleh adalah bentuk kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas VII&#xD; adalah kesulitan membaca alqur&#x2019;an. Faktor yang menyebakan siswa mengalami kesulitan&#xD; belajar membaca alqur&#x2019;an ini terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.&#xD; Faktor internal antara lain adalah kurangnya minat serta tingkat pemahaman rendah karena&#xD; mayoritas berasal dari sekolah umum, sementara itu faktor eksternal yang menyebabkan siswa&#xD; mengalami kesulitan belajar adalah guru yang mengajar, fasilitas sekolah yang terbatas serta&#xD; kurangnya dukungan yang diberikan oleh orang tua. Sementara itu bentuk totalitas kinerja guru&#xD; dalam mengatasi kesulitan belajar membaca alqur&#x2019;an siswa kelas VII di MTs Matholi&#x2019;ul Falah&#xD; Kandangmas Dawe Kudus adalah dengan memaksimalkan perannya sebagai motivator,&#xD; pembimbing serta evaluator. Selain itu guru juga melakukan usaha secara terstruktur dalam&#xD; mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa mulai dari mengidentifikasi siswa yang&#xD; mengalami kesulitan belajar, melaksanakan pengajaran remidial bagi serta bekerjasama dengan&#xD; orang tua siswa. Hal tersebut dilakukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan&#xD; belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh bisa menjadi lebih baik.</description><date>2019-06-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/3/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/4/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/5/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/6/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/7/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/8/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/9/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/10/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/2/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Cahyono, Monix (2019) TOTALITAS KINERJA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR&#x2019;AN HADITS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI&#x2019;UL FALAH KANDANGMAS DAWE KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. </identifier><recordID>2986</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Cahyono, Monix
title TOTALITAS KINERJA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH KANDANGMAS DAWE KUDUS
publishDate 2019
topic Pendidikan
Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.iainkudus.ac.id/2986/3/1.%20COVER.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/4/2.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/5/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/6/4.%20BAB%20I.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/7/5.%20BAB%20II.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/8/6.%20BAB%20III.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/9/7.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/10/8.%20BAB%20V.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/2/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur’an hadits. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur’an hadits. 3) Untuk mengetahui bentuk totalitas kinerja guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran alqur’an hadits. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif pada kelas VII di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus. Data yang diperoleh adalah data primer yang berupa hasil wawancara kepada para narasumber yang meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru pengampu mata pelajaran, siswa kelas VII, dan orang tua siswa kelas VII. Selain itu, untuk melengkapi data penelitian, peneliti juga mengambil data sekunder seperti profil madrasah, struktur organisasi, data guru, staff dansiswa, lokasi dan sarana prasarana yang diambil dari dokumen madrasah MTs Matholi’ul Falah. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu teknik wawancara yang dilakukan dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru, siswa kelas VII serta orangtua siswa kelas VII. Selain dengan wawancara peneliti juga menggunakan teknik observasi, yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar yang dilakukan di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus. Sementara itu untuk mendukung informasi yang didapat dari hasil observasi dan wawancara tersebut, maka peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menguji data yang didapat peneliti melakukan uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan mengaudit data yang ada yang dilakukan oleh pembimbing. Dalam menganalisa data, peneliti merangkum, memilah dan memfokuskan data padahal yang penting, kemudian menguraikan data pada hal-hal yang penting dari lapangan tersebut dan menarik kesimpulan akhir temuan penelitian mengenai bentuk-bentuk kesulitan belajar, faktor yang menyebabkan kesulitan belajar, dan bentuk totalitas kinerja yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus. Hasil yang diperoleh adalah bentuk kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas VII adalah kesulitan membaca alqur’an. Faktor yang menyebakan siswa mengalami kesulitan belajar membaca alqur’an ini terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain adalah kurangnya minat serta tingkat pemahaman rendah karena mayoritas berasal dari sekolah umum, sementara itu faktor eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah guru yang mengajar, fasilitas sekolah yang terbatas serta kurangnya dukungan yang diberikan oleh orang tua. Sementara itu bentuk totalitas kinerja guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca alqur’an siswa kelas VII di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus adalah dengan memaksimalkan perannya sebagai motivator, pembimbing serta evaluator. Selain itu guru juga melakukan usaha secara terstruktur dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa mulai dari mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar, melaksanakan pengajaran remidial bagi serta bekerjasama dengan orang tua siswa. Hal tersebut dilakukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh bisa menjadi lebih baik.
id IOS4368.2986
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2020-07-05T20:17:54Z
last_indexed 2020-07-05T20:17:54Z
recordtype dc
_version_ 1686121755559591936
score 17.538404