TOTALITAS KINERJA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH KANDANGMAS DAWE KUDUS
ctrlnum |
2986 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/</relation><title>TOTALITAS KINERJA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN
BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL
FALAH KANDANGMAS DAWE KUDUS</title><creator>Cahyono, Monix</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk kesulitan belajar yang dialami
siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur’an hadits. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang
menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur’an hadits. 3) Untuk
mengetahui bentuk totalitas kinerja guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII
pada mata pelajaran alqur’an hadits.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
kualitatif pada kelas VII di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus. Data yang
diperoleh adalah data primer yang berupa hasil wawancara kepada para narasumber yang
meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru pengampu mata pelajaran, siswa kelas VII,
dan orang tua siswa kelas VII. Selain itu, untuk melengkapi data penelitian, peneliti juga
mengambil data sekunder seperti profil madrasah, struktur organisasi, data guru, staff dansiswa,
lokasi dan sarana prasarana yang diambil dari dokumen madrasah MTs Matholi’ul Falah.
Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu teknik
wawancara yang dilakukan dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru, siswa kelas VII
serta orangtua siswa kelas VII. Selain dengan wawancara peneliti juga menggunakan teknik
observasi, yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dalam mengatasi siswa yang
mengalami kesulitan belajar yang dilakukan di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe
Kudus. Sementara itu untuk mendukung informasi yang didapat dari hasil observasi dan
wawancara tersebut, maka peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menguji data
yang didapat peneliti melakukan uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan
mengaudit data yang ada yang dilakukan oleh pembimbing. Dalam menganalisa data, peneliti
merangkum, memilah dan memfokuskan data padahal yang penting, kemudian menguraikan
data pada hal-hal yang penting dari lapangan tersebut dan menarik kesimpulan akhir temuan
penelitian mengenai bentuk-bentuk kesulitan belajar, faktor yang menyebabkan kesulitan
belajar, dan bentuk totalitas kinerja yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar
siswa kelas VII MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus.
Hasil yang diperoleh adalah bentuk kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas VII
adalah kesulitan membaca alqur’an. Faktor yang menyebakan siswa mengalami kesulitan
belajar membaca alqur’an ini terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal antara lain adalah kurangnya minat serta tingkat pemahaman rendah karena
mayoritas berasal dari sekolah umum, sementara itu faktor eksternal yang menyebabkan siswa
mengalami kesulitan belajar adalah guru yang mengajar, fasilitas sekolah yang terbatas serta
kurangnya dukungan yang diberikan oleh orang tua. Sementara itu bentuk totalitas kinerja guru
dalam mengatasi kesulitan belajar membaca alqur’an siswa kelas VII di MTs Matholi’ul Falah
Kandangmas Dawe Kudus adalah dengan memaksimalkan perannya sebagai motivator,
pembimbing serta evaluator. Selain itu guru juga melakukan usaha secara terstruktur dalam
mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa mulai dari mengidentifikasi siswa yang
mengalami kesulitan belajar, melaksanakan pengajaran remidial bagi serta bekerjasama dengan
orang tua siswa. Hal tersebut dilakukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan
belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh bisa menjadi lebih baik.</description><date>2019-06-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/3/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/4/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/5/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/6/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/7/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/8/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/9/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/10/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainkudus.ac.id/2986/2/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Cahyono, Monix (2019) TOTALITAS KINERJA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH KANDANGMAS DAWE KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. </identifier><recordID>2986</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Cahyono, Monix |
title |
TOTALITAS KINERJA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN
BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS
KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL
FALAH KANDANGMAS DAWE KUDUS |
publishDate |
2019 |
topic |
Pendidikan Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.iainkudus.ac.id/2986/3/1.%20COVER.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/2986/4/2.%20ABSTRAK.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/2986/5/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/2986/6/4.%20BAB%20I.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/2986/7/5.%20BAB%20II.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/2986/8/6.%20BAB%20III.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/2986/9/7.%20BAB%20IV.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/2986/10/8.%20BAB%20V.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/2986/2/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainkudus.ac.id/2986/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk kesulitan belajar yang dialami
siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur’an hadits. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang
menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur’an hadits. 3) Untuk
mengetahui bentuk totalitas kinerja guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII
pada mata pelajaran alqur’an hadits.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
kualitatif pada kelas VII di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus. Data yang
diperoleh adalah data primer yang berupa hasil wawancara kepada para narasumber yang
meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru pengampu mata pelajaran, siswa kelas VII,
dan orang tua siswa kelas VII. Selain itu, untuk melengkapi data penelitian, peneliti juga
mengambil data sekunder seperti profil madrasah, struktur organisasi, data guru, staff dansiswa,
lokasi dan sarana prasarana yang diambil dari dokumen madrasah MTs Matholi’ul Falah.
Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu teknik
wawancara yang dilakukan dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru, siswa kelas VII
serta orangtua siswa kelas VII. Selain dengan wawancara peneliti juga menggunakan teknik
observasi, yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dalam mengatasi siswa yang
mengalami kesulitan belajar yang dilakukan di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe
Kudus. Sementara itu untuk mendukung informasi yang didapat dari hasil observasi dan
wawancara tersebut, maka peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menguji data
yang didapat peneliti melakukan uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan
mengaudit data yang ada yang dilakukan oleh pembimbing. Dalam menganalisa data, peneliti
merangkum, memilah dan memfokuskan data padahal yang penting, kemudian menguraikan
data pada hal-hal yang penting dari lapangan tersebut dan menarik kesimpulan akhir temuan
penelitian mengenai bentuk-bentuk kesulitan belajar, faktor yang menyebabkan kesulitan
belajar, dan bentuk totalitas kinerja yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar
siswa kelas VII MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus.
Hasil yang diperoleh adalah bentuk kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas VII
adalah kesulitan membaca alqur’an. Faktor yang menyebakan siswa mengalami kesulitan
belajar membaca alqur’an ini terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal antara lain adalah kurangnya minat serta tingkat pemahaman rendah karena
mayoritas berasal dari sekolah umum, sementara itu faktor eksternal yang menyebabkan siswa
mengalami kesulitan belajar adalah guru yang mengajar, fasilitas sekolah yang terbatas serta
kurangnya dukungan yang diberikan oleh orang tua. Sementara itu bentuk totalitas kinerja guru
dalam mengatasi kesulitan belajar membaca alqur’an siswa kelas VII di MTs Matholi’ul Falah
Kandangmas Dawe Kudus adalah dengan memaksimalkan perannya sebagai motivator,
pembimbing serta evaluator. Selain itu guru juga melakukan usaha secara terstruktur dalam
mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa mulai dari mengidentifikasi siswa yang
mengalami kesulitan belajar, melaksanakan pengajaran remidial bagi serta bekerjasama dengan
orang tua siswa. Hal tersebut dilakukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan
belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh bisa menjadi lebih baik. |
id |
IOS4368.2986 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Kudus |
affiliation |
onesearch.apptis.or.id |
institution_id |
156 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus |
library_id |
355 |
collection |
Repository STAIN Kudus |
repository_id |
4368 |
subject_area |
Islam/Agama Islam Islam dan Ilmu Sosial Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4368 |
first_indexed |
2020-07-05T20:17:54Z |
last_indexed |
2020-07-05T20:17:54Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686121755559591936 |
score |
17.538404 |