Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara. 2) Pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara. 3) Pengaruh secara simultan gaya kepemimpinan demokratis dan keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua guru di Mts. Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara yang berjumlah 35 guru. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, survey dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui nilai kekuatan korelasinya sebesar rx1y = 0,374. Besarnya pengaruh dibuktikan dengan nilai R2 sebesar 14%, yang artinya bahwa kinerja guru yang dicapai tidak terlepas dari pengaruh gaya kepemimpinan demokratis. Sedangkan model pengaruh dinyatakan dengan persamaan regresi Ŷ = 112,760 + 0,570 X1 dengan Fhitung = 5,371 dengan tingkat signifikansi 0,027 < 0,05 berarti tolak Ho dan terima Ha. 2) Keterampilan manajerial kepala madrasah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasinya sebesar rx2y = 0,591. Besarnya pengaruh dibuktikan dengan nilai R2 sebesar 34,9%, yang artinya bahwa kinerja guru yang dicapai tidak terlepas dari pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah. Sedangkan model pengaruh dinyatakan dengan persamaan regresi Ŷ = 80,589 + 0,928 X2 dengan Fhitung = 17,712 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 berarti tolak Ho dan terima Ha. 3) Gaya kepemimpinan demokratis dan keterampilan manajerial kepala madrasah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan korelasi rx1,2 y sebesar 0,690. Besarnya pengaruhnya dibuktikan dengan nilai R2 sebesar 47,6%. Sedangkan model pengaruh dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 24,059 + 0,543 X1 + 0,911 X2 + e dengan nilai Fhitung sebesar 14,554 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000, karena nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (3,27).