Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat degradasi moral generasi bangsa, terutama pada aspek rendahnya toleransi dan meningkatnya kenakalan remaja, sehingga dipandang perlu adanya pendidikan agama Islam dibidang pembentukan dan pengembangan karakter yang berbasis kebiasaan dan keteladanan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pembentukan dan pengembangan karakter berbasis kebiasaan dan keteladanan, pada pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di sekolah. Adapun pokok permasalahan dari penelitian ini adalah: 1. Bagaimana proses penanaman pendidikan karakter berbasis kebiasaan dan keteladanan pada Siswa Program Boarding School?; 2. Bagaimana proses pembentukan karakter berbasis kebiasaan dan keteladanan pada Siswa Program Boarding School?; 3. Bagaimana proses pengembangan karakter berbasis kebiasaan dan keteladanan pada Siswa Program Boarding School?; 4. Bagaimana tingkat keberhasialan penanaman pendidikan karakter, pembentukan karakter, pengembangan karakter berbasis kebiasaan dan keteladanan pada Siswa Program Boarding School?. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dimana penggalian data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan tim pengembang kurikulum sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa SMP IT Luqman Al Hakim Kudus yang terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitiannya dilakukan di SMP IT Luqman Al Hakim Kudus. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah : 1. Pembentukan karakter pada siswa program pendidikan agama Islam yang dikembangkan di SMP IT Luqman Al Hakim Kudus meliputi: pembentukan karakter berbasis kebiasaan dan keteladanan pada program kurikuler, ekstrakurikuler dan ko-kurikuler. Kegiatan perencanaan program pendidikan agama Islam di lingkup SMP IT Luqman Al Hakim Kudus telah memuat dimensi demokratis pada aspek prosesnya, sementara pada aspek produk pendidikan berisi nilai kesetaraan dan nilai keadilan; 2. Pengembangan karakter berbasis kebiasaan dan keteladaan program pendidikan agama Islam di SMP IT Luqman Al Hakim Kudus telah multikultural serta mengalami perubahan kearah yang makin membaik, baik pada lingkup kegiatan kurikuler maupun ko-kurikuler, pengembangan karakter telah memuat nilai sosial dan nilai multikultural, baik pada aspek tujuan pembelajaran, materi yang diajarkan, serta menggunakan strategi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran; 3. Kebiasaan dan keteladaan di SMP IT Luqman Al Hakim Kudus, telah mengalami keberhasilan dalam pembentukan dan pengembangan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan pada siswa progam boarding shcool di SMP Islam Integral Luqman Al Hakim Kudus, madrasah/sekolah telah berhasil membentuk dan mengembangkan siswa dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik, meningkatkan keimanan kepada Allah SWT (religius), merubah sikap (akhlakul karimah) sesuai ajaran islam, gemar membaca dan meningkatkan kepedulian dan toleransi terhadap lingkungan sekitar SMP IT Luqman Al Hakim Kudus.